Oleh-oleh Jakarta

Bagi kami  wartawan, mata dan ponsel tak bisa dipisahkan.
Mata untuk menangkap kejadian.
Ponsel untuk mengabadikan. 

Selepas Kerja – Kunjungan ke ibukota satu minggu lalu menjadi reuni bagi saya. (Sebenarnya, setiap kali kunjungan ke Jakarta, setelah saya pindah kota, selalu menjadi reuni.)

Menatap sudut-sudut kota yang saya lewati, kenangan semasa menjadi ‘kuli’ pun langsung terlintas.

Bagaimana saya melaju bebas di jalanan besar Jakarta, dengan motor Honda Vit ber-plat nomor Surabaya, warisan semasa kuliah. Panasnya ibukota saya hadang dengan jaket biru dan hijau yang dipakai bergantian setiap tiga hari sekali. Beberapa bulan sebelum berhenti, saya membeli helm baru yang lebih mendekati SNI, karena helm sebelumnya tidak dilengkapi penghalau debu wajah dan tali ‘klik’ yang layak. Dan, satu lagi. Sepatu Converse kesayangan yang saya beli  dihadiahkan ibu saya yang saya terima dengan bangga, saat diterima sebagai kuli di kantor tersebut. Sneakers pertama yang mentahbiskan saya sebagai (seperti) anak gaul sesungguhnya.

Sedikit mengulang koordinasi otak dan badan semasa menjadi kuli, saya langsung mengabadikan sudut kota dengan kamera ponsel saya. Mohon maklumi foto yang kurang bagus akibat pengambilan di malam hari.

Dan, jepretan favorit saya. 

20140102_164236

Dari jembatan ‘iblis’ busway Semanggi.
(Sekarang saya mengerti mengapa beberapa orang berhenti di tengah jembatan untuk mengambil foto)

 

10 Januari 2014, pukul 16.39 WIB 

Leave a Reply

