Imlek Hampir Tiba

“Tumben tanggal segini lampionnya sudah dipasang. Biasa ‘sacap-me’ (malam tahun baru Imlek), baru ada lampion”, ujar ibu A Gek. 

Camera 360Di Jalan Gajahmada

PONTIANAK – Yang dikatakan Ibu A Gek bukan pertama kali saya dengar. Lebih dari 2 orang yang saya temui sebelumnya, mengungkapkan hal yang sama.

Lampion imlek tahun ini dipasang lebih awal.

Kulik punya kulik, saya mendapatkan sedikit informasi tentang lampion ini. Kabarnya, pemasangan lampion ini merupakan campur tangan pemerintah daerah bekerja sama dengan beberapa yayasan (di sini, kata ‘yayasan’ ditujukan bagi perkumpulan marga Tionghua). Beberapa tahun terakhir, keduanya ikut menyemarakkan perayaan Imlek di kota Pontianak, dengan memasang lampion di jalan-jalan utama.

Keberadaan lampion ini sangat menarik perhatian. Jalan di Pontianak tidak lebar. Katakanlah 5 meter untuk tiap sisinya. Berarti, dengan sisi kiri kanan, total lebar jalan sekitar 10 meter.  Lampion-lampion berukuran sedang dijejerkan di tengah jalan, dan melintasi ujung atas tiang listrik, dari sisi kanan, ke tengah, ke kiri, kemudian ke tengah lagi. Begitu seterusnya. (Mudah-mudahan deskripsi saya bisa memberikan gambaran untuk yang membaca).

Hasilnya, pengguna jalan yang biasanya bisa melihat langit lepas saat menengadah ke atas, beberapa minggu ini menjumpai pemandangan lain. Ada lampion yang melintang di atas kepala. Bagaimana dengan penampakan di malam hari? Tentu jauh lebih indah. Ribuan lampion bersinar cantik dengan merahnya.

Masih informasi dari teman, mendekati Imlek nanti, gang-gang yang ada di sepanjang jalan Gajahmada juga ikut menghiasi gang mereka dengan lampion. Bahkan, ada juga yang menghiasi gapuranya dengan tulisan “Selamat tahun baru Imlek” dan sejenisnya.

Suasana Imlek di kota ini memang tidak pernah mati. Lampion dipasang lebih cepat, warna merah sudah mewarnai banyak sudut kota, mulai dari yang berjualan aksesoris penghias Imlek, petasan, buah-buahan, kue-kuean, hingga festival jajanan khas Pontianak yang sudah mulai digelar. Tinggal menunggu pagelaran naga, barongsai, kembang api, dan lengkaplah sudah Imlek di kota Pontianak.

* Terima kasih Daniel untuk foto-fotonya. Mungkin ada yang berminat ngambil fotonya dari atas? Biar hasilnya lebih bagus. 🙂 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s