Jalan Hampir Mulus

Bulan ini jalanan di Kota Pontianak, kacau balau. 

Tiba-tiba ada pengerjaan jalan di keempat arah jalan. Sebut saja, Purnama. Akibatnya, warga pun bingung harus menempuh jalan yang mana. Pasalnya, semua rute ditutup karena ada pengerjaan jalan. Ada satu masa dimana jarak kantor-rumah yang harusnya bisa ditempuh dalam waktu 15 menit, memanjang hingga 45 menit., karena saya harus menempuh rute lain untuk menghindari pembuatan jalan. Molor 30 menit karena alasan macet adalah sebuah masalah untuk warga Pontianak. 

Dari bulan lalu, saya sudah ingin membuat tulisan ini. Hanya saja, karena kesibukan ini itu, keinginan itu tertunda. Tapi beruntung, saya tidak menuliskan ini bulan lalu. 

Bulan ini, manfaat macet 30 menit karena pengerjaan jalan sudah mulai terasa. Jalan yang tadinya ditutup 4 penjuru, sudah dibuka. TInggal 2 penjuru yang masih dikerjakan. 2 lainnya sudah mulus dan tidak berlubang. Hal yang sama terjadii di beberapa titik jalan. Hasil pengerjaan jalan mulai terasa. 

Semoga saja pengerjaan jalan ini cepat rampung. Pasti yang mengerjakan juga bingung karena cuaca Pontianak belakangan ini sungguh sulit ditebak. Musim hujan atau musim kemarau, rancu. Di jalan Kota Baru, setengah jalan digali, mungkin hampir 30 meter panjangnya. Karena hujan datang tanpa bisa diperkirakan, galian itu pun terlihat seperti kubangan. 

Mudah-mudahan para pekerja dan pejabat terkait bisa mempertimbangkan hal ini sehingga merampungkan pengerjaan dengan segera. Minimal, sesuai jadwal yang telah disusun. Jangan sampai jalanan masih begitu hingga musim hujan betulan tiba. Bisa-bisa, jalanan yang belum jadi itu rusak, dan gagal menahan banjir dan membuat macet semakin hebat.

Tapi ngomong-ngomong, musim hujan jatuh di bulan apa ya? 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s