Olahraga dan Sampah

Maaf, judulnya agak kotor. Memang inti pembicaraan hari ini adalah tentang sampah.

Bulan April tahun lalu, saya membuat tulisan tentang aktifitas olahraga pagi yang dilakukan warga Pontianak. Lokasinya di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman.

Minggu lalu, saya kembali mengunjungi tempat ini.

Maksud hati ingin berolahraga dan menyehatkan tubuh. Tapi, target utama bergeser. Pemandangan GOR hari ini lebih menyenangkan untuk dipotret. Walaupun, sama sekali tidak menarik secara estetika.

Foto dari enam titik berbeda (dari 10 atau lebih lokasi yang dijadikan TPS dadakan).

Lalu, loket pembelian tiket yang sembilan bulan lalu tampak begini…

20140429_070303_resized_1Minggu lalu tampak seperti ini…

image8

Lebih baik? Tidak. Lebih jelek? Mungkin, iya.

Cerita saya belum habis. Selain sampah kotoran, ada juga makhluk kotor yang berkeliaran di sini. Pelecehan, kalau boleh saya sebutkan. Apa yang terjadi, bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

FBMelihat lokasi olahraga dengan kondisi seperti ini, perlu rasanya memberikan apresiasi pada warga Pontianak yang cukup peduli dengan kesehatan. Meskipun harus berlari di atas jalanan yang berlubang, atau menutup hidung manakala aroma busuk lewat terbawa angin, sembari was-was dengan tindakan tak jahat oleh orang-orang kotor, jumlah warga yang berolahraga sepertinya tidak banyak berkurang dibandingkan sembilan bulan lalu.

Tapi, apresiasi tentu tidak ada artinya kalau diberikan lewat tulisan protes oleh saya. Pemerintah yang perlu mengapresiasi dan menghargai niat warga untuk hidup sehat. Mungkin salah satunya dengan memperbanyak tempat sampah, atau membuat papan pengumuman bahwa tepat di sebelah stadion yang megah ini, ada tempat pembuangan sampah resmi milik pemerintah.

Kalau tulisan sebelumnya mempromosikan lokasi ini sebagai jawaban “Olahraga di Mana?“, tulisan hari ini mungkin boleh diberi judul, “Kapan GOR Bersih?”.

image10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s